Minggu, 20 April 2008

Obor Olimpiade Sukses Lewati Tanzania

Obor Olimpiade Sukses Lewati Tanzania

Senin, 14 April 2008 - 07:20 wib

Toto Pribadi - Okezone

Foto:AP

DAR ES SALAAM - Meskipun mendapat sambutan dari beberapa demonstran, namun perjalanan obor olimpiade di Tanzania cenderung lancar. Sekitar 1.000 orang bersorak dan berjalan mengiringi sebuah tim beranggotakan 80 atlet dan seorang menteri kabinet yang mengarak Obor, Minggu (14/4/2008) kemarin.

Menurut pejabat Tanzania, mereka tidak tertarik melakukan tindakan merugikan seperti yang dilakukan beberapa negara di dunia. Seniman peraih nobel perdamaian Kenya Wangari Maathai mengaku memilih keluar dari parade obor sebagai bentuk protesnya.

Wakil Presiden Tanzania Ali Mohamed Shein menyalakan obor, dan memberikan kepada menteri kabinet Mohamed Seif Khatib yang memimpin reli dari stasiun kereta di pusat kota Dar es Salaam ke Stadion utama kota yang berjarak 5 kilometer.

Massa terlihat bersorak menyertai perjalanan obor olimpiade dengan membawa bendera olimpiade mini dan menyanyikan lagu berbahasa Kiswahili. ''Kami sangat senang obor olimpiade ke Tanzania dan kami akan senang menerimanya," teriak mereka bahagia.

Tanzania sendiri menjadi satu-satunya dari 53 negara di Benua Hitam, Afrika yang disinggahi obor olimpiade. Obor olimpiade itu sendiri saat ini sedang menuju Oman. Obor olimpiade ini juga dijadwalkan akan singgah ke Jakarta pada 22 April mendatang.

Nurul Aini

056484023

Ikor 2005

Tidak ada komentar: