Minggu, 20 April 2008

Pukulan Backhand Slice

Pukulan Backhand Slice

Januari 15, 2008

Berhubung ketika saya sedang membaca komen-komen di blog ini, ada yang request untuk membuat tulisan mengenai backhand slice. Jadi pada kesempatan ini saya akan membahasnya.

Pukulan backhand slice kadang ada juga yang suka menyebutkan dengan istilah bacokan. Bahkan dulu saya sempat main dengan orang yang disebut si ”bacok” karena pukulan backhand dan forehand-nya juga memakai teknik slice hehe….Namun yang paling banyak diterapkan di lapangan adalah backhand slice. Pukulan ini dilakukan dengan mengiris bagian bawah dari bola sehingga memberikan efek bola yang mengalami backspin dan melayang datar serta memiliki efek pantul yang sangat rendah bila dilakukan dengan sempurna.

Setidaknya terdapat dua kegunaan dari pukulan backhand slice ini. Pertama, Slice dilakukan untuk ”approach shot” atau pukulan umpan sebelum kita maju ke net untuk melakukan voli, karena dengan pukulan yang memiliki efek pantul sangat rendah ini akan memancing lawan untuk mengangkat bola dan kita bisa menghabisinya dengan voli. Kedua, pukulan ini dilakukan pada keadaan defensif dimana kita terdesak pukulan lawan. Efek pantul yang rendah membuat lawan sulit untuk menyerang dan memberikan waktu bagi kita untuk recovery.

Oke, sekarang mari kita lihat bagaimana caranya melakukan gerakan backhand slice:

slice-1.gif

Umumnya backhand slice dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Tahap persiapan melakukan backhand slice adalah pertama-tama dengan mengubah grip kita ke continental. Putar posisi badan anda sehingga bahu anda mengarah pada bola yang akan datang atau lakukan dengan close stance. Biasanya tangan yang tidak memegang raket ditempatkan di leher raket seperti pada gambar.

slice-2.gif

Pada saat bola datang, ayun raket ke belakang dengan dengan memutar bahu anda. Tempatkan raket ke posisi atas di belakang kepala anda beserta tangan yang tidak memegang bola masih pada leher raket sebagai penyeimbang.

slice-3.gif

Sebelum terjadi kontak dengan bola, pindahkan titik berat badan pada kaki belakang dan saat akan memukul bola transfer ke kaki depan anda sehingga pukulan akan memiliki tenaga dan kecepatan. Ingat selalu fokus pada bola dan tetap memperhatikan bola saat dan sepersekian detik sesudah bola dipukul.

slice-4.gif

Slice backhand dilakukan dengan menyayat bagian bawah dari bola. Gerakan dilakukan dengan gaya bacokan dari atas ke bawah sehingga bola mengalami backspin. Biasanya pada saat mengayun tangan yang tidak memegang raket tadi bergerak berlawanan dengan ayunan.

_40791084_back_slice_anim.gif

Lihat hasil dari pukulan slice anda. Pukulan slice yang baik hasilnya akan melayang sangat flat dan setelah menyentuh tanah pantulannya sangat rendah. Pukulan ini memang agak sulit, jadi sangat klise memang kalau saya bilang ”maka berlatihlah jika anda ingin menguasainya”. Tapi pada kenyataannya memang begitu hehehe….

Nurul Dwi Indarti

056484021

Tidak ada komentar: